Dalam dunia pendidikan banyak sekali cara atau strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses penyampaian pesan dari guru kepada murid, salah satunya ialah stategi pembelajaran ekspositori dimana strategi ekspositori ini merupakan pembeajaran yang menekankan seluruh proses pembelajara kepada guru sebagai pemberi pesan sehingga guru lebih dominan dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan lebih aktif ketimbang dari siswa.
Dalam strategi ekspositori siswa hanya menerima dan mendengarkan pesan atau materi yang disampaikan oleh guru sehingga siswa hanya berperan sebagai pendengar saja sehingga ini menjadi salah satu kelemahan dari strategi ekspositori karna siswa tidak ikut serta dalam proses pembelajaran.
Penerapan strategi ekspositori umumnya menggunakan metode ceramah sebagai cara mentransfer suatu pesan kepada siswa, tapi meskipun begitu penyampaian pesan ini tidak semena-mena tanpa ada arah dan tujuan yang jelas,tetap harus mempunyai acuan sebagai modal tercapainya pembelajaran yang efektif dan terstruktur.
Ada beberapa prinsip penggunaan yang diterapkan dalam strategi ekspositori sebagai induk dari tercapainya pembelajaran yang baik sehingga tidak menyimpang dari paradigma pendidikan.
1. berorientasi pada tujuan
meskipun strategi ekspositori menggunakan metode ceramah tapi pembelajaran yang dilakukan harus terstruktur sehingga pembelajaran akan berjalan dengan baik, maka pembelajaran yang dilakukan harus berorientasi pada tujuan pembelajran tersebut, salah satunya dengan membuat rencana terlebih dahulu sebelum melakukan proses pembelajaran supaya proses pembelajaran tidak menyimpang dari konteks yang seharusnya.
2. prinsip komunikasi
ini merupakan hal yan paling penting dalam proses penyampaian pesan karna komunikasi merupakan suatu proses mentransfer pesan dari seseorang kepada seseorang atau kelompok.jadi dalam konteks ini komunikasi yang dilakukan ialah penyampaian pesan dari sumber pesan (guru) kepada penerima pesan (siswa).
3. prinsip kesiapan
pembelajaran akan diterima dengan baik jika penerima pesan atau siswa ada dalam keadaan siap menerima, siap menampung, dan siap dalam segala hal. karna tanpa kesiapan pesan yang disampaikan akan sulit untuk dicerna oleh siswa maka dari itu guru harus benar-benar menyiapkan siswa untuk siap menerima pengalaman yang baru.
4. prinsip berkelanjutan
dalam proses pembelajaran diharapkan membuat keadaan yang tidak seimbangan siswa dalam memahami isi pesan yang disampaikan sehingga siswa menjadi penasaran dengan begitu pembelajaran tidak selesai sampai di sekolah tapi lanjut dengan cara belajara mandiri diluar jam sekolah.
dengan keempat prinsip ini strategi pembelajaran ekspositori akan berjalan dengan baik dan proses pembelajran yang dilakukan akan lebih efisien, meskipun banyak kekurangannya bila dibandingkan dengan metode-metode jaman sekarang yang beragam untuk lebih memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan tersebut.
sampai disini sekilas penjelasan tentang strategi pembelajaran ekspositori, semoga bermanfaat.terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar